Bidang Keamanan dan Ketertiban

 

  • Bidang Keamanan dan Ketertiban

Kondisi/keadaan keamanan dan ketertiban di wilayah Kecamatan Medan Kota pada umumnya dalam keadaan kondusif dan terpelihara, hal tersebut berkat dukungan dari masyaraka serta terlaksananya kerja sama Muspika Kecamatan Medan Kota selalu mengadakan koordinasi yang baik dalam menciptakan rasa aman di tengah-tengah masyarakat. Namun demikian, masih ada ditemui gangguan yang sifatnya demonstrasi-demonstrasi yang dilakukan oleh sebagian kecil mahasiswa, yang intinya menyampaikan aspirasi-aspirasi masyarakat kepada pemerintah sebagai perwujudan dari asas demokrasi yang ada di Republik Indonesia.

Disamping hal yang kami paparkan di atas pada pelaksanaan ketertiban khususnya Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berada di Jalan Stadion dan di Jalan Gedung Arca, kami sudah berulang kali membuat Surat Himbauan untuk mematuhi Perda No. 31 Tahun 1993 JO Surat Walikota Medan No. 54/SK/1994 tentang Larangan Berjualan dan Meletakkan Barang Dagangan Di Atas Jalan Umum, Berm/Trotoar, Kaki Lima dan Parit Umum Dalam Daerah Kota Medan dan Perwal No. 8 Tahun 2009 tentang Larangan Berjualan di Atas Brem Jalan dan Parit. Dan juga kami telah menertibkan bersama Sat Pol PP Kota Medan dan Muspika Kecamatan Medan Kota beserta Lurah dan Kepling Se-Kecamatan Medan Kota.

Secara umum, usaha-usaha informal lainnya yang tersebar di wilayah Kecamatan Medan Kota selalu diadakan penertiban dan himbauan agar jangan berjualan di sembarang tempat yang merupakan sarana umum/public hal ini dapat menggangu kenyamanan masyarakat. Dan upaya lainnya telah dilakukan pembinaan/sosialisasi pada Pedagang Kaki Lima Tahun 2013.

Data Lokasi Pedagang yang Berjualan di atas Trotoar dan Badan Jalan

Di Wilayah Kecamatan Medan Kota Tahun 2013

No. Lokasi Jumlah Satuan
1. Jl. Kemiri Sp. Limun 95 Orang
2. Jl. M. Nawi Harahap Sp. Limun 63 Orang
3. Jl. Tanjung Bunga 97 Orang
4. Jl. SM Raja Sp. Limun 43 Orang
5. Di Seputaran Stadion Teladan 76 Orang
6. Di Seputaran Jl. Gedung Arca 17 Orang
7. Jl. H.M. Jhoni 25 Orang
8. Di Seputaran Jl. Bulan, Jl Veteran          (Pada umumnya pada 03.00 s/d 08.00 WIB) 103 Orang
Total 519 Orang

 

Untuk meningkatkan rasa aman di tengah-tengah masyarakat setiap Kelurahan di Kec. Medan Kota didirikan Poskamling, yang rinciannya sebagai berikut :

Data Pos Keamanan Lingkungan (Poskamling)

Kecamatan Medan Kota

No. Kelurahan Jumlah Poskamling
1 Pandau Hulu I 6
2 Pusat Pasar 10
3 Pasar Baru 8
4 Sei Rengas I 7
5 Mesjid 5
6 Kotamatsum III 11
7 Pasar Merah Barat 5
8 Teladan Barat 8
9 Teladan Timur 7
10 Sudirejo I 5
11 Sudirejo II 7
12 Sitirejo I 11
Jumlah 90

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Your email address will not be published. Required fields are marked *