Medan Gelar Pameran Seni Rupa `Tiga Karakter, Tiga Warna`

0

016082700_1427072914-Pameran_Seni_Rupa__Tiga_Karakter_Tiga_Warna__-_Medan_0315_3

 

Liputan6.com, Medan Sebuah pameran seni rupa tengah berlangsung di Medan. Di pameran ini ada 3 seniman yang menampilkan karya-karyanya di bawah tema “Tiga Karakter, Tiga Warna”. Bertempat di Grand Aston City Hall Medan, sebanyak kurang lebih 20 karya milik Anang To2 Sutoto, M. Yatim Mustafa, dan S. Handoyo Hadi dipamerkan. Kuss Indarto, kurator pameran seni rupa tersebut, pada Minggu (22/3/2015) mengatakan bahwa pameran ini akan diadakan selama 2 minggu, yakni pada 22 Maret-5 April 2015.

“Pada pameran ini digelar sekitar 20 karya lukis yang sesuai judul pameran ini menampilkan 3 karakter karya lukis yang berbeda satu sama lain. Anang To2 Sutoto memiliki ketetarikan pada gubahan visual abstrak dalam semua bentang kanvasnya. Lebih khususnya, karya lukis abstrak yang ditekuninya beberapa waktu terakhir ini adalah non figurative atau abstrak amorfik yaitu tanpa tendensi bentuk tertentu,” ujar Kuss.

Yatim Mustafa yang namanya telah dikenal di kawasan Medan menampilkan seni lukis realisme dan naturalisme. Dalam pameran kali ini, M. Yatim Mustafa menyodorkan gagasan yang tidak begitu populer yang dieksekusinya ke dalam 3 karya lukis. Sementara itu S. Handono Hadi, menumpukan upaya kreatifnya pada seni lukis yang berbasis pada seni kaligrafi Arab.

“Sesuai dari judul pameran ini yaitu Tiga Karakter, Tiga Warna, adanya perbedaan-perbedaan dasar dalam kreativitas antar ketiganya justru dikelola dan memunculkan kontras-kontras yang menarik dalam pameran,” tutur Kuss. Ia mengungkapkan, ke-3 karakter ini masing-masing berusaha menyedor perhatian sekaligus member nuansa secara kolektivitas dengan segala kelebihan dan kekurangan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *