Wali Kota Kukuhkan Pengurus Persatuan Wartawan Unit Pemko Medan

0
matatelinga_dzulmi eldin1

MEDAN ( BERITA ) : WALI KOTA MEDAN DRS H T DZULMI ELDIN S MSI MENGUKUHKAN PENGURUS PERSATUAN WARTAWAN UNIT PEMKO MEDAN PERIODE 2015 – 2017 DI HOTEL EMERALD GARDEN JALAN PUTRI HIJAU MEDAN, SABTU MALAM (25/4)

Dengan pengukuhan ini para wartawan yang tergabung di dalamnya, diharapkan dapat bersatu padu menjalankan fungsinya sebagai jurnalis dan menjadi mitra terbaik Pemko Medan dalam memberitakan berbagai program kerja hingga pembangunan yang sedang dijalankan maupun sudah selesai dilaksanakan Pemko Medan.
Pengukuhan ini ditandai dengan penyerahan naskah pengukuhan oleh Wali Kota kepada Muhammad Edison Ginting selaku Ketua Persatuan Wartawan Unit Pemko Medan yang baru terpilih. Wali Kota yang hadir didampingi Sekda Kota Medan Ir Syaiful Bahri Lubis selanjutnya, mengajak seluruh pengurus yang baru dikukuhkan dapat menjalankan tugasnya dengan baik sebagai sociall control di tengah masyarakat.
Yang lebih penting lagi kata Wali Kota, para jurnalis juga dalam pemberitaannya dapat menggugah masyarakat untuk terus meningkatkan dukungan dan kepercayaan kepada pemerintah. Artinya, pembangunan yang tengah dijalankan Pemko Medan saat ini untuk kepentingan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.
Mantan sekda Kota Medan ini perlu menegaskan, meskipun para jurnalis yang dikukuhkan ini bertugas di lingkungan Pemko Medan namun dirinya selaku kepala penyelenggara pemerintahan dan pembangunanbeserta seluruh jajaran tidak akan melakukan intervensi terhadap pemberitaan-pemberitaan yang dibuat.
“Saya pastikan tidak ada intervensi dalam pemberitaan-pemberitaan yang saudara sampaikan. Hal ini perlu disadari bahwa pers yang sehat merupakan salah satu indikasi tercapainya pelaksanaan demokrasi yang sehat pula,” kata Wali Kota
Dihadapan anggota Dewan Kota Afifuddin Lubis, sejumlah pimpinan SKPD dan para wartawan yang hadir dalam acara pengukuhan, Wali Kota kemudian berharap agar wartawan dan Pemko Medan menjadi mitra yang saling mengisi dan mengkritisidemi perubahan kea rah yang lebih baik, sekaligus menjadi control sosial terbaik bagi Pemko Medan.
Di kesempatan itu Wali kota juga minta kepada sleuruh jajarannnya, terutama pimpinan SKPD agar selalu membuka tangan dan akses seluas-luasnya kepada rekan-rekan pers untuk kepentinganm pemberitaan. “Perlu disadari, kita merupakan badan publik yang bertanggungjawab dalam keterbukaan informasi kepada khalayak. Untuk itu kita harus membuka akses seluas-luasnya kepada rekan-rekan wartawan,” pesannya.
Sebelumnya Ketua Persatuan Wartawan Unit Pemko Medan, Muhammad Edison Ginting dalam sambutan singkatnya mengatakan, selama ini peran pers di Kota Medan senantiasa dirasakannya selalu bersinergi dengan program yang dilakukan Pemko Medan, terutama untuk membangun Kota Medan yang religius, aman, nyaman dan berdaya saing.
Meski demikian tegas Ginting, tak bisa dipungkiri seorang jurnalis juga memiliki sisi idealisme yang berupaya menyuarakan kebenaran. Untuk itulah Ginting mengajak seluruh mitra kerja pers dapat memahami kerja seorang jurnalis yang mencari kebenaran untuk disampaikan kepada masyarakat.
“Jika pun kritik yang kami lakukan itu tak lain demi kemajuan dan perbaikan. Jadi saya harap seluruh mitra kerja pers agar tidak lagi menutup akses informasi kepada wartawan. Inilah hakikat dari jurnalis yang wajib didukung demi kemajuan demokrasi di Indonesia,” harapnya.
Kemudian Ginting juga tak lupa mengingatkan kepada seluruh rekan pers yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Unit Pemko Medan dapat menjaga nama baik korps wartawan Unit Pemko Medan. “Marilah kita sama-sama melakukan kerja jurnalis yang baik dan mendukung program Pemko Medan, sehingga Kota Medan yang kita cintai ini semakin lebih baik,” ungkapnya.
Acara pengukuhan ini juga dirangkaikan dengan pemberian santunan kepada anak yatim, janda-janda wartawan serta anak wartawan yang berprestasi di sekolah. Penyerahan santunan ini dilakukan langsung Wali kota didampingi Sekda serta Ketua Persatuan Wartawan Unit Pemko Medan.
Sebelum pengukuhan, Persatuan Wartawan Unit Pemko Medan juga telah melakukan bakti sosial dengan memberikan bantuan sembako kepada kauh dhuafa di dua kecamatan yakni Medan Deli dan Medan Tembung. Kemudian memberikan bantuan
Sedangkan Pangihutan Rumapea selaku Sekjen Persatuan Wartawan Unit Pemko Medan sekaligus ketua panitia pengukuhan dalam laporannya menjelaskan, bakti sosial ini dilakukan sebagai bentuk empati wartawan kepada warga yang kurang mampu. Sedangkan pemberian santunan kepada janda-janda wartawan dan siswa berprestasi anak wartawan dilakukan sebagai tindak lanjut saran Wali Kota yang sangat peduli dengan para jurnalis.
“Ini membuktikan Bapak Wali Kota sangat peduli dengan para wartawan, tidak hanya yang sedang bertugas saat ini, wartawan yang sudah tiada (meninggal) pun tetap diingat beliau dengan memberikan bantuan kepada keluarga yang ditinggalkan. Semoga Pak Wali terus perhatian dengan wartawan,” harap Rumapea. (zili)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Your email address will not be published. Required fields are marked *